cara meredamkan amarah

Cara-cara meredam atau mengendalikan kemarahan,Cara mudah meredam marah,Berlatih Mengendalikan Diri:

Cara mudah meredam marah:

Secara UMUM Ingatlah bahwa marah itu adl;sifat buruk & hanya akan
menunjukkan bahwa diri kita lemah di hadapan orang lain.
Karena Emosi sering tak terkontrol meluap meledak-ledak.Jelas hal
itu akan menunjukkan sifat buruk anda.

Maka dari Itu jika rasa marah terasa bergelayut dipikiran segeralah;

Gigit bibir anda itu sbg tanda peringatan bahwa saatnya ga boleh marah,dihadapan umum.Telan ludah serta tarik napas daalam-dalam
dan hembuskan pula perlahan-lahan.Secara sederhana tipe..ini adl;
Salah satu cara untuk mengendalikan diri dari datangnya Emosi.

Anda mau coba,
Berhasil atau tidaknya jangan anda pikirkan untung ruginya seperti
Pemodal yg menanamkan modalnya ke investor.belum berhasil
coba dan coba lagi….

Selamat jadi orang yg penyabar,
Niscaya anda akan jadi pemenangnya….

Cara-cara meredam atau mengendalikan kemarahan:

1. Membaca Ta’awwudz. Rasulullah bersabda Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk (H.R. Bukhari Muslim).

2. Berwudlu. Rasulullah bersabda Kemarahan itu itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah (H.R. Abud Dawud).

3. Duduk. Dalam sebuah hadist dikatakanKalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah (H.R. Abu Dawud).

4. Diam. Dalam sebuah hadist dikatakan Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah (H.R. Ahmad).

5. Bersujud, artinya shalat sunnah mininal dua rakaat. Dalam sebuahhadist dikatakan Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud). (H.R. Tirmidzi).


Berlatih Mengendalikan Diri

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai latihan agar Anda mampu
mengendalikan marah:

> Rileksasi. Teknik sederhana seperti bernapas dalam, peregangan otot, meditasi,
dan rileksasi lewat visualisasi dapat membantu Anda menenangkan diri.

> Menata kembali cara pikir. Ubah cara pandang Anda. Saat Anda marah, cara
berpikir Anda akan menjadi rumit dan justru berlebihan. Karena itu, cobalah
untuk selalu bersikap objektif. Itu artinya, Anda harus melihat situasi dengan
dari beragam sisi.

> Atasi masalah. Dalam banyak kasus, kemarahan Anda dapat diredam dengan
penyelesaian masalah yang menjadi pemicu kemarahan itu. Jika tidak ada solusi,
fokuslah pada bagaimana Anda mengatasi situasi yang ada.

> Komunikasi. Anda akan sulit mendengarkan orang lain saat marah. Bahkan,
pernyataan-pernyataan yang Anda lontarkan pun bisa jadi akan berlebihan,
menyakiti, atau terllau agrsif. Tariklah napas dalam-dalam dan katakan dengan
tenang yang Anda inginkan pada orang lain.

> Humor. Sedikit senyum dan tertawa akan menghilangkan kemarahan. Saat Anda merasa
benar-benar marah, bayangkan saja bahwa diri Anda menggelembung bagaikan balon,
lalu mengudara dan terbang mengelilingi ruangan.
Bisa juga Anda perlu menggambarkan situasi yang membuat Anda gila itu dalam
sebuah gambar kartun. Hindarilah sarkasme atau kata-kata kasar. Kemarahan akan
reda bila Anda mulai tersenyum dan tertawa pada diri sendiri.


PENDAPAT SANG PENULIS JIKA INGIN MENGHILANGKAN RASA MARAH KITA ADA BEBERAPA CARA YAITU:

> yang pertama adalah kita menarik naps sedalam-dalam mungkin agar tidak marah lagi kalau perlu ambil meteran untuk mengukur sedalam apa napas kita……

>yang kedua cobalah berfikr tentang hal2 yang luchu,contoh seperti memikirkan saya,kn saya luchu seperti shincan



Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s